Diskusi PER batch 3
Diskusi PER batch 3 dengan Bpk TEDYY SAPUTRA
Sabtu
30 juni 2013 ( on line via skype di mulai pukul 23.00 – selesai ,,
)
Dihadiri
oleh beliau Bpk Edmond Imam Mulyadi ,dengan tema “Entreprenurship in Action “
Rangkuman
cerita “ Pandangan praktisi marketing “ oleh bpk Edmond
Semua
pasti ada niat untuk menjadi seorang Entreprenur ,tetapi berdasarkan
penggalaman pak Tedyy tidak semua yang hadir disini bisa menjadi soerang
Entreprenur karena semua tergantung dari bagaimana anda sekalian menjalani
tantangan .Ada 3 hal yang akan menjadikan anda seorang Entreprenur yang
berhasil :
Ø
Passion of entrepreneur
Ø
Knowledge
Ø
Tool
Dalam
contoh : Pak tedyy join sama 3 orang temannya ,yang satu jago bikin mie ayam,
yg satu jg rajin dan satunya adalah pak Tedyy.Lokasi di depan kampus di Bogor
jumlah mahasiswa 20 rb orang .Klu di lihat dari tempat sudah strategis ,bisa
bikin mie ayam sendiri .Kenyataan pd bulan pertama 30/hari mangkok perhari
,bulankedua berikutnya 15 mangkok/hari, bulan ke tiga 5-10 mangkok /hari ,bulan
ke empat 2 mangkok/hari .Menurut nya Passion sudah ada ,bisa bikin mie enak
plus tempat strategis.Tetapi masih blum berhasil untuk di terima oleh pelanggan
.
Setelah
di surve ada beberapa yang di temukan yang menjadi kesalahan fatal ,yaitu
membuat mie ayam denga ayam berwarna putih ,dan untuk target di universitas
pangkuan mayoritas muslim dan pedesaan .Mereka tahu klu mie ayam itu warna
coklat nah karena mereka warna putih di kira daging babi ,jdi sudah
menurunkan pelanggan yg minat mie ayam .
Jadi
ada hal-hal yang harus di perhatikan ,Learning the market . Kita bukan hanya
harus tahu pasarnya aja ,tetapi harus bisa EMPATI sama pasar kita
., harus bisa bener memahami pasar kita .jdi kita tidak cukup hanya surve
tempat strategis universitas isi 20 rb org ,makanan yg di jual enak semua itu
blum cukup .Apa yang di katakana pak tedyy bahwa Passion ,tools,knowledge harus
kita miliki sebagai Entreprenur,untuk bisa berhasil di dalam persaingan bisnis
yang sesungguhnya .Contoh tools yg di maksud anda mengenal BMC ,Desing
thingking dan knowledge adalah yg di berikan pak nur di PER ini ,,
Dari
tanggapan pak Edmond dalam dunia marketing ,bahwa semua barang itu intinya
bagus selama kita kreatif untuk menjual barang itu ,artinya apapun barang atau
jasa yang kamu jual atau pasarkan harus bisa memenuhi kebutuhan custumer
.KEBUTUHAN CUSTUMER,KEINGINAN CUSTUMER ,CALON PEMBELI .Selama kamu semua bisa
memenuhi kebutuhan custumer di situlah kekuatan kamu .jadi klu hanya
membicarakan utang piutang tujuanya Cuma satu yakni meningkatkan penjualan
.Kebutuhan pasar kalau kamu cerna secara kalimat artinya yg di bicarakan
oleh pak teddy tidak ada artinya sama saja tidak kreatif .Yang di
perlukan oleh pasar sekarang ini adalah ide ide kreatif yang cemerlang sehingga
pada akhirnya pasarlah yg membutuhkan kamu .contohnya jual pupuk ,yg kamu jual
pastinya sama dengan pesaing kamu artinya harus memikirkan membuat pupuk
yg baik .atau jasa yg kamu tawarakan menjual pupuk .karena pupuk dari tahun ke
tahun sama ,untuk mencari perbedaan cara berjualan Kemasan ,mencari ilmu
dan masukan kepada para ahli pertanian , apa yg di butuhkan petani ,surve
merupakan langkah awal sebelumterjun .Dalam diskusi pak Edmond kalau
jualan pupuknya sampai ke petani dengan baik ,di antar sendiri ,di bantu surve
ke ladangnya ,kemudian di beri penyuluan ,kemudian sambil ngobrol ringan ,,
Buat
petani mungkin sesuatu yang berharga sampai segitu kamu jualan ke custumer
,tetapi dari sisi kamu adalah marketing yang sangat baik kan ,sambilpromosi ,
sambil melihat2 apakah ada petani dan lading lain di sekitarkanan dan kiri, di
depan atau belakang lading custumer kamu , artinya kamu mengemas sesuatu dengan
tujuan baik dengan promosi yg singkat dan tepat .Secara singkat marketing dan
sales itu adalah bagaimana menjalankan semua dgn hati dan dengan tujuan baik ,
persaingan di lakukan karena bisnis ,tetapi tidak dengan hanya mencotoh tetapi
ATM ( amati ,tiru ,modifikasi )
Cara
memenangkan persaingan ya kuncinya inovasi .Tools nya adalah Radar inovasi .
harus mempunyai keyakinan innovasi yang kamu buat ,walau awalnya pahit tapi klu
udah yakin dan sudah kamu perhitungkan dengan matang ..tunggu aja .
Sale
atau diskon memang terkadang di kaitkan dengan munculnya produk baru , tetapi
klu di dalam dunia sales n marketing ini kurang tepat kata pak Edmond
karena kultur kebudayaan Indonesia adalah selalu membeli .Apabila ada yg murah
atau diskon kemudian langsung membeli ,tanpa mengetahui aplikasi atau kegunaan
dari barang tersebut ,akhirnya akan kecewa setelah tidak dipakai ,klu
menurut pak Edmond akan memilih strategi jemput bola yg artinya lebih kepada
mendatangkan ke custumer dan melihat dari pada kebutuhan pasar atau kebutuhan
custumer . Sale atau diskon lebih kepada untuk meningkatkan penjualan setelah
kita mengetahui apa yg di butuhkan oleh custumer ,
Dan
dalam rangka sale atau diskon untuk produk yg satu yg sedang kita inginkan untk
meningkatkan penjualanya , maka pasti ada produk2 yg di belakangnya yg sedang
kita incar untk kita perkenalkan kpda custumer .contoh dalam toko baju “ new
arrival “akan di sale tentu tdk bukan ,dia berada di barisan ke dua atau
ke tiga setelah produk sale .
Produk
baru akan di kemas atau di marketingkan dgn seribu kelebihan dari produk
lamanya .Artinya balik lagi bagaimana penyampaian pesan dan tujuan kamu di
custumerkan .sale tidak rugi perusahaan tetap untung , tetapi bagaimana membuat
sesuatu yg bisa menjadi luar biasa .Kesimpulanya adalah sale atau diskon adalah
pancingan ,bukan poin nya sehingga kalau kamu memulai sesuatu lihatlah hal yg
paling di sampekan , bagaimana menyampaikanya ,dan selalu melihat ini ada apa
karena saat ini adalah situasi , strategi adalah cara ,hasil adalah masa depan
. Jangan berhenti berivovasi dan selalu positif
Menurut
saya sependapat dengan mb pipet : apapun bidang nya marketing adalah
ujung tombak perusahaan , untuk berhasil kita harus selalu turun ke lapangan
untuk mengetahui competitor kita ,dan kita juga harus tahu kebutuhan custumer
seperti apa sesuai dengan perkembangan model2 baru yg bermunculan ,juga tetap
menjaga produk yg kitajual juga selalu menemukan ide2 baru untuk mengatasi
pesaing kita . yg setiap saat bermunculan , juga memperluas jaringan informasi
antara rekan bisnis kita ,
Kita
juga mengandalkan kreatif dan innovasi untuk kita tawarkan ke custumer supaya
pelanggan tepat sasaran ,innovasi adalah sesuatu yg kreatif yg di terima oleh
pasar .
Trima kasih Bapak
Pembimbing
Ø BPK TEDYY SAPUTRA
Ø BPK EDMOND MULYADI
Ø BPK NUR AGUSTINUS
Terimakasih
atas segala ilmunya salam entrepreneur “Zarkasi“
Tidak ada komentar:
Posting Komentar