Mempelajari materi minggu ke delapan yang sangat banyak, membuat saya harus benar benar konsentrasi penuh . Dikarenakan akhir-akhir ini juga banyak tugas yng harus di selesaikan, dari pekerjaan pribadi dan UCDE (Universitas Ciputra Distance Education ), dan juga pekerjaan yang lumayan lebih banyak dari biasanya, sehingga istirahat pun agak malam dari jam biasanya. Capek dan rasa kantuk itupun tak lepas dari tuntutan membaca modul. Saya harus bisa dan saya harus terus melawannya. Agar saya bisa menyelesaikan membaca serta mengerjakan quis untuk minggu ke-8. Pembelajaran kelas ritel sudah 2bulan. Banyak sekali manfaat yag saya dapat dari sini. Apalagi setelah mengetahui kunci 4P + 3P dalam marketing. Jika saya simpulkan itu bukan hanya pada apa produknya akan tetapi lebih pada skill kita. Bagaimana kita atau toko kita itu memberikan kesan terhadap konsumen.
pemasaran
adalah kegiatan memasarkan barang atau jasa umumnya
kepada masyarakat dan khususnya kepada pembeli pontensial.pemasaran di
kembangkan sebagai suatu pola yang tertata dalam suatu sistem yang sering kali
di sebut sebagai ilmu dan juga di kembangkan dengan cara masing masing pelaku
sehingga di sebut improvisasi dan karenanya di sebut seni.dalam prakteknya
pemasaran di jalankan dengan kedua cara itu " ilmu dan seni
".pemasaran ritel sebagai kegiatan pemasaran dalam perdagangan eceran juga
di jalankan dengan kedua cara ituFungsi Pemasaran adalah mewujudkan sasaran
perusahaan dengan cara :
1) Menetapkan basis pelangan secara strategis ,
rasional dan lengkap dengan informasinya
2 ) Mengindentifikasi kebutuhan pelangan dan calon
pelangan yang sekarang dan yang akan datang
3) Menciptakan produk yang akan dapat memenuhi
kebutuhan pelangan dengan pas dan menguntungkan dan yang mampu membedakan
perusahaan dan pesaing nya
4) Mengomunikasikan dan mengantarkan produk
tersebut kepada pasar sasaran ( target market )
5) Memimpin seluruh personel perusahaan untuk
menjadi sekumpulan tenaga kerja yang di siplin ,profesional dan berpengetahuan
serta punya dedikasi bagi nilai dan sasaran perusahaan.
Arti pasar memiliki tiga arti yaitu :
1) pasar dalam arti tempat yaitu tempat bertemunya
para penjual dan pembeli
2) pasar dalam arti Interaksi permintaan dan
penawaran contohnya: tidak lagi hanya berupa adanya pembeli dan penjual tetapi
juga adanya kebutuhan dan pasokan barang /jasa seperti dalam istilah pasar
modal dimana terdapat jual beli saham
3) pasar dalam arti sekelompok anggota masyarakat
yang memiliki kebutuhan dan daya beli.pengertian ini menunjuk pada dua kata
kunci kebutuhan dan daya beli.
Pentingnya promosi
word of mouth:
word of mouth atau biasa disebut dengan promosi dari mulut ke mulut selalu
menjadi fenomena Marketing yang menarik untuk di bicarakan .
promosi mulut ke mulut ini dapat di bagi menjadi dua aspek , yaitu volume
dan konten .diantara dua aspek tersebut ,volume adalah yang terpenting Untuk
dapat meneliti aktiviti word of mouth ,di sarankan untuk
mengamati arah ,jangkauan ,tingkat aktifitas,dan nada /tone dari volume swara
yang ada.
Jika informasi benar tersedia dalam word of mouth, setiap keputusan baru harus dibuat
tentang bagaimana kita harus bereaksi. Sebuah saran untuk para marketer,
yang mempunyai pengetahuan tentang word of mouth mengenai suatu perusahaan atau
produk, harus menanyakan kepada diri mereka, “Apakah ini masalah komunikasi
atau performance?”. Komunikasi lebih sulit untuk diperbaiki karena mereka
berada di luar kontrol langsung perusahaan. Masalah performance dapat
dikoreksi dengan lebih cepat, tapi penting untuk memberitahu pelanggan dan
publik mengenai hal tersebut. Perusahaan dianggap perlu memahami akan
pentingnya word of mouth ini untuk kesuksesan dan perkembangan perusahaan
tersebut.
Segmentasi
,Targeting ,dan Positioning (STP)
promosi Mix (bauran unsur unsur promosi)
Melakukan pemilahan >di kalangan masyarakat mana yang pas untuk produk kita
,proces segmemtasi > segmentasi targeting> siapa yang kita target
..demografi> ,positioning > di mana kita menempatkan produk .
Sumberdaya manusia > produksi> dan keuangan.
Marketing mix >4P yaitu : price ,promostion ,produck,place. adalah
barang atau jasa yang akan kita jual ,price adalah pemberian harga yang sesuai
untuk produk kita ,place adalah dimana kita akan menjual produk kita .
3p yaitu ;proces>standar oprasional
people>pelatihan training
physical Evedence >
memberikan service yang lebih/ memuaskan untuk pelanggan .
Tanpa adanya promosi ,mungkin produk kita tidak akan Di kenal masyarakat.
jadi promosi adalah penting !
salam entrepreneur
promosi Mix (bauran unsur unsur promosi)
Melakukan pemilahan >di kalangan masyarakat mana yang pas untuk produk kita ,proces segmemtasi > segmentasi targeting> siapa yang kita target ..demografi> ,positioning > di mana kita menempatkan produk .
Sumberdaya manusia > produksi> dan keuangan.
Marketing mix >4P yaitu : price ,promostion ,produck,place. adalah barang atau jasa yang akan kita jual ,price adalah pemberian harga yang sesuai untuk produk kita ,place adalah dimana kita akan menjual produk kita .
3p yaitu ;proces>standar oprasional
people>pelatihan training
physical Evedence > memberikan service yang lebih/ memuaskan untuk pelanggan .
Tanpa adanya promosi ,mungkin produk kita tidak akan Di kenal masyarakat.
jadi promosi adalah penting !
salam entrepreneur
Tidak ada komentar:
Posting Komentar