Kamis, 15 Agustus 2013

Business Model Generation ( BMC) materi ke-9

 Business Model Generation ( BMC)
Pert Bacth 3 2013
 Tadinya sungguh22  saya, binggung apaaa... itu bisnis  model canvas..atau dalam kurung BMC..
Tapi setelah saya ikut diskusi  di facebook,,bersama pak Nur agustinus,,juga bersama temen2 pert bacth 3, 2013 lainya,, malam itu . Alhamdulillah saya mulai menangkap dan memahaminya apa itu bisnis model canvas...
Model Bisnis Canvas Adalah;Alat Sederhana Untuk Merancang Model Bisnis Inovatif Model bisnis Anda dapat membuat perbedaan antara dunia-terkemuka keberhasilan.Apa itu Busines Model ?               Buat kita yang akan memulai suatu bisnis baru atau sedang menjalankan bisnis kadang kita sering bertanya sama diri sendiri atau sama orang kenapa sih bisnis  saya gak maju , apa yang salah dengan bisnis saya .Atau saya mendapatkan hasil yang bagus dari bisnis saya saat ini ,tapi bagaimana saya mengembangkan bisnis saya? Apa yang bisa saya lakukan untuk mengembangkan bisnis itu ? Atau bagi yang lebih advance lagi akan bertanya apa strategi bisnis saya yang akan datang ? Bagaimana rupa organisasi saya ke depan?
Pertanyaan2 di atas kadang sulit kita jawab karena kita ga punya alat untuk memotret usaha kita , Untuk mengevaluasi rencana bisnis atau bisnis yang sedang kita jalani kita perlu melihat dari sudut pandang yang jelas dan  utuh mengenai model bisnis kita . Nah Business Model Canvas adalah salah satu alat untuk membantu kita melihat lebih akurat bagaimana rupa usaha yang sedang kita jalani , Dengan tool ini kita seakan melihat bisnis dari gambaran besar namun tetap lengkap dan mendetail apa saja elemen2 kunci yang terkait dengan bisnis kita ,Dengan kita bisa melihat gambaran utuh yang sangat membantu dalam menjawab pertanyaan2 seputar bisnis kita ,Dengan mengevaluasi satu demi satu elemen2 kunci jadi lebih mudah menganalisis apa yang kurang tepat ,dan pada akhirnya kita bisa mengambil langkah untuk mencapai tujuan bisnis kita . Business Model Canvas
Alexander Osterwalder dalam bukunya Business Model Generation menciptaka sebuah framework yang sederhana dan mudah di mengerti untuk menggambarkan bisnis kita yaitu Business Model Canvas , pada bisnis model canvas ini ada sembilan kotak yang merepresentasikan elemen2 kunci yang secara umum akan ada pada semua model bisnis Kesembilan hal tersebut adalah ; 1. Customer segment 2. Value proposition 3. Chanel 4 .Custumer relationship 5. Revenue stream 6. Key recource 7. Key activite8. Key partner  9. Cost


Dan yang akan kita lakukan adalah mengisi ke sembilan kotak2 di bawah dan mulai menganalisis Business Model kita

1. Customer segment
 Customer segment adalah kelompok target konsumen yang akan atau sedang kita bidik untuk menjadi pelanggan kita. Hal yang harus diperhatikan dalam segmentasi pelanggan adalah, kita harus benar2 bisa mendefinisikan secara spesifik siapa segment target pelanggan kita. Segmen target bisa dibedakan berdasarkan hal2 seperti:
1.  Tingkat ekonomi (menengah, atas atau kalo mau lebih spesifik lagi di segmentasi berdasrkan pendapatan atau uang jajan bulanan target konsumen kita)
2.  Umur
3.  Komunitas tertentu (misalnya komunitas sepeda, komunitas pecinta hewan tertentu atau komunitas ibu2 pengajian dll.)
4. Perilaku khusus dari target konsumen kita (misalnya reaksinya terhadap harga barang, kadang ada perilaku tertentu yang malah suka dengan barang2 mahal, ada juga yang benar2 sensitif terhadap harga pengen yang murah dll.)
Yang penting adalah kita benar2 bisa membagi (segmentasi) target customer kita, karena dengan membagi kita lebih bisa mengerti dan menangkap kebutuhan khusus dan sifat2 target konsumen kita.

Salam intrepreneur!.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar