Minggu, 12 Mei 2013

Tugas Per Batch 3 Analisis SWOT

Analisis SWOT tugas Per Batch 3 (jurnal ke-4)

Perancangan Usaha Restouran FIZA

  Perkembangan bisnis usaha makanan merupakan salah satu bisnis usaha yang banyak di minati oleh kekuatan yang mungkin dapat di jadikan suatu usaha yang cukup maksimal, karena  tempat Restouran FIZA yang strategis, tepatnya WBL (wisata bahari lamongan). Makanan utama adalah nasi paprik dan nasi lemak makanan khas orang melayu dengan kombinasi masakan jawa, Restouran FIZA selain menyediakan makanan juga menyediakan bahan-bahan masakan yang paling di sukai atau di gemari oleh masyarakat sekitar. Restouran FIZA selain menyediakan nasi pabrik dan nasi lemak juga di lengkapi dengan minuman limau es (jeruk nipis ), milo es, fresh orange dan lain-lain. Bagi yang suka, camilan seperti kerupuk, peyek dan sejenisnya Restouran FIZA  menyediakan semua. Kebersihan juga menjadi salah satu bagian terpenting Restouran FIZA, karena menurut Restouran FIZA kebesihan sebagian dari pada iman dan juga bisa  membuat pelanggan nyaman.  Sasaran Restouran FIZA anak-anak pelajar,mahasiswa,buruh tani,buruh bangunan,buruh pabrik,perkantoran,kecamatan,puskesmas dan masyarakat pecinta nasi paprik dan nasi lemak, dari berbagai daerah baik luar kota ataupun luar pulau,juga harga yang terjangkau untuk semua kalangan menengah kebawah.
masyarakat,karena makanan sebagai kebutuhan hidup yang terus berkembang tanpa bisa di bendung, apalagi makanan yang Restouran FIZA sajikan itu makanan yang sehat dan bergizi. Restouran FIZA yang ingin saya dirikan ini mempunyai banyak

Rencana Bisnis Restouran FIZA
 Konsep bisnis usaha Restouran FIZA dalam system produksinya adalah dari agen suplyyer kwalitas yang baik menjadi salah satu pilihan Restouran FIZA,
 Proses pembuatan menu dan penyajiannya yang bersih dan menarik menjadi andalan Restouran FIZA . Begitu juga dengan harga yang sangat terjangkau dapat meringankan para pembeli khususnya pelajar dan mahasiswa dan pegawai. Untuk pemasarannya sendiri Restouran FIZA
melakukan berbagai iklan seperti panflet,poster,radio,jejaring social dan juga ketring. Restouran FIZA  juga menggunakan system member get member dan Gethok Tular (dari mulut ke mulut). Dan  di lengkapi dengan promo harga murah untuk menarik agar konsumen yang datang ke Restouran FIZA bisa kembali mengajak teman.
Restouran FIZA akan mengalami perkembangan dengan membuka cabang-cabang di berbagai daerah dan bekerja sama dengan tour trevel.
 Pengembangan teknis dan produksi yang akan Restouran FIZA lakukan adalah dengan mengembangkan variasi menu dan penataan tata ruang rapi atau kemas agar para pelanggan tidak akan bosan dengan suasana yang Restouran FIZA suguhkan. Tanpa mengabaikan ritail is detail  Restouran FIZA menyediakan layan diri dan di lengkapi toilet dan wastafel yang bersih serta tempat makan yang berada di luar restoran yang di bentuk sebagai taman.Operasional yang akan diterapkan di area service mengikuti pedoman Standart Operational Prosedure (SOP) yang pada umumnya diterapkan di rumah makan.Pengembangan manajemen personalia di lakukan dengan melakukan pembinaan kepada karyawan agar dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam mengelola usaha sehingga terbentuk jiwa kewirausahaan yang kuat karena Restouran FIZA memilih karyawan bukan dari tingkat pendidikan tapi tingkat kemauan dan tekat untuk bekerja karena misi dan visi a Restouran FIZA adalah membantu sesama.
Analisis Swot
  Analisis Swot adalah identifikasi beberaapa faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi Restouran FIZA. Analisis ini berdasarkan logika yang daapat memaksimalkan strategi dan opportunity (peluang), namun secara bersamaan dapat meminimalkanweknenses dan threts, strategth, weakness, opportunity dan threat merupakan faktor faktor strategis Restouran FIZA yang perlu di analisis dalam kondisi yang ada pada saat ini.
  
Gambaran Umum Restouran FIZA
 Restouran FIZA satu- satunya restouran yang menyediakan menu malaysia berkombinasi masakan jawa yang ada di lamongan, hususnya di daerah lamongan utara ( pantura )

Analisis swot
Identifikasi  Kekuatan, peluang, Kelemahan dan Ancaman  Restoran FIZA
Faktor Internal
Strength (S) / Kekuatan
Ø  Buka 24 jam
Ø    Memberikan pelayanan santun dan pemuaskan kepada pelanggan
Ø  Restoran FIZA  mempunyai penghasilan rata-rata 3,250,000 per hari (6500 x 500 orang )
Ø  Lokasi Restoran FIZA sangat strategis dan mudah terjangkau,karena lokasi di sebelah kiri Wisata Bahari Lamongan dan sebelah kanan wisata tjung kodok
Ø    Pengelolaan barang dan bahan baku yang berkualitas yang mencakup pemesanan,penyimpanan,dan pengelolaannya akan kami lakukan dengan propesional.
Ø   Strategi penetapan harga,yang secara psikologis melalui proses planning produk menjadikan sebagai rumah makan Restoran FIZA memiliki daya tarik dari segi harga yang sangat terjangkau oleh kalangan menengah ke bawah.
Ø  Modal dan sumber keuangan modal yang kami butuhkan kira-kira sebesar Rp 500.000.000,00 akan diperoleh dari investor
Weskness ( W ) / kelemahan
Ø  Belum memiliki sertifikat halal MUI,walaupun bukan merupakan keharusan tapi dengan adanya sertifikat halal bias membentuk tanggung jawab sebagai jaminan keamanan komsumsi produk yang ada di Restouran FIZA
Ø  Kegiatan promosi Restouran FIZA  kurang gencar,karena belum meluas di berbagai daerah.
Ø  Pengelolaan situs website yang belum optimal,banyaknya informasi yang belom tersedia sehingga pemanfaatanya masih kurang.
Faktor eksternal
Opportunity (O) / Peluang
Ø  Tempat yang strategis
Ø  Pangsa pasar yang luas,yaitu dengan jumlah penduduk dan pendatang  yang semakin  tinggi, jadi  merupakan peluang bagi restoran FIZA untuk mengembangkan pangsa pasar ke skala yang lebih luas.
Ø  Perubahan gaya hidup masyarakat semakin modern
Ø  Meningkatnya daya beli masyarakat serta meningkatnya pendapatan masyarakat di kawasan WBL.Yang bisa mendorong usaha restoran FIZA sekain maju
Treats (T) / Ancaman
Ø  Adanya isu keracunan daging sapi yang pernah mengegerkan kota Tulungagung yang mempengaruhi kepercayaan konsumen akan keamanan dalam mengkomsumsi daging sapi.
Ø  Maraknya isu flue burung juga mempengaruhidaya beli masyarakat untuk makan di luar rumah atau di restoran.
Ø  Kenaikan harga makanan,yang akan menyebabkan kenaikan biaya produksi restoran,yang berdampak pada penurunan tingkat keuntungan dan pengurangan jumlah produksi Restoran Fiza
Ø  Tingat inflasi yang berfluktuasi yaitu tingkat inflasi dalam perekonomian di Indonesi yang berfluktuasi menimbulkan kondisi ketidakpastian,yang akan menyulitkan usaha restoran Fiza dalam mengembangkan usaha yang lebih besar.
Ø  Persaingan tinggi,dengan peningkatan jumlah restoran nantinya
Ø  Kelangkaan bahan bakar minyak tanah dan gas elpiji,akan menjadi suatu hambatan bagi kegiatan produksi restoran kami dan juga mengakibatkan kenaikan harga bahan bakar minyak dan elpiji.
Perancangan Usaha Restoran FIZA


 Tugas minggu ketiga,Program Distance Learning UC.
07/05/2013
Pembimbing:  Bapak.NurAgustinus                                                   
                                                                          
                                                      


                                                                             perencanaan model bangunan

2 komentar: