Minggu, 28 Juli 2013

Diskusi PER batch 3

Diskusi PER batch 3

Diskusi PER batch 3 dengan Bpk TEDYY SAPUTRA
Sabtu 30 juni 2013  ( on line via skype di mulai pukul 23.00 – selesai  ,, )
Dihadiri oleh beliau Bpk Edmond Imam Mulyadi ,dengan tema “Entreprenurship in Action “
Rangkuman cerita “ Pandangan praktisi marketing “ oleh bpk Edmond
Semua pasti ada niat untuk menjadi seorang Entreprenur ,tetapi berdasarkan penggalaman pak Tedyy tidak semua yang hadir disini bisa menjadi soerang Entreprenur karena semua tergantung dari bagaimana anda sekalian menjalani tantangan .Ada 3 hal yang akan menjadikan anda seorang Entreprenur yang berhasil :
Ø  Passion of entrepreneur
Ø  Knowledge
Ø  Tool
Dalam contoh : Pak tedyy join sama 3 orang temannya ,yang satu jago bikin mie ayam, yg satu jg rajin dan satunya adalah pak Tedyy.Lokasi di depan kampus di Bogor jumlah mahasiswa 20 rb orang .Klu di lihat dari tempat sudah strategis ,bisa bikin mie ayam sendiri .Kenyataan pd bulan pertama 30/hari mangkok perhari ,bulankedua berikutnya 15 mangkok/hari, bulan ke tiga 5-10 mangkok /hari ,bulan ke empat 2 mangkok/hari .Menurut nya Passion sudah ada ,bisa bikin mie enak plus tempat strategis.Tetapi masih blum berhasil untuk di terima oleh pelanggan .
Setelah di surve ada beberapa yang di temukan yang menjadi kesalahan fatal ,yaitu membuat mie ayam denga ayam berwarna putih ,dan untuk target di universitas pangkuan mayoritas muslim dan pedesaan .Mereka tahu klu mie ayam itu warna coklat  nah karena mereka warna putih di kira daging babi ,jdi sudah menurunkan pelanggan yg minat mie ayam .
Jadi ada hal-hal yang harus di perhatikan ,Learning the market . Kita bukan hanya harus  tahu pasarnya aja ,tetapi harus bisa EMPATI  sama pasar kita ., harus bisa bener memahami pasar kita .jdi kita tidak cukup hanya surve tempat strategis universitas isi 20 rb org ,makanan yg di jual enak semua itu blum cukup .Apa yang di katakana pak tedyy bahwa Passion ,tools,knowledge harus kita miliki sebagai Entreprenur,untuk bisa berhasil di dalam persaingan bisnis yang sesungguhnya .Contoh tools yg di maksud anda mengenal BMC ,Desing thingking dan knowledge adalah yg di berikan pak nur di PER ini ,,
Dari tanggapan pak Edmond dalam dunia marketing ,bahwa semua barang itu intinya bagus selama kita kreatif untuk menjual barang itu ,artinya apapun barang atau jasa yang kamu jual atau pasarkan harus bisa memenuhi kebutuhan custumer .KEBUTUHAN CUSTUMER,KEINGINAN CUSTUMER ,CALON PEMBELI .Selama kamu semua bisa memenuhi kebutuhan custumer di situlah kekuatan kamu .jadi klu hanya membicarakan utang piutang tujuanya Cuma satu yakni meningkatkan penjualan .Kebutuhan pasar kalau kamu cerna secara kalimat artinya yg di bicarakan oleh  pak teddy tidak ada artinya sama saja tidak kreatif .Yang di perlukan oleh pasar sekarang ini adalah ide ide kreatif yang cemerlang sehingga pada akhirnya pasarlah yg membutuhkan kamu .contohnya jual pupuk ,yg kamu jual pastinya sama dengan pesaing kamu  artinya harus memikirkan membuat pupuk yg baik .atau jasa yg kamu tawarakan menjual pupuk .karena pupuk dari tahun ke tahun sama ,untuk mencari perbedaan cara berjualan  Kemasan ,mencari ilmu dan masukan kepada para ahli pertanian , apa yg di butuhkan petani ,surve merupakan langkah awal sebelumterjun .Dalam diskusi  pak Edmond kalau jualan pupuknya sampai ke petani dengan baik ,di antar sendiri ,di bantu surve ke ladangnya ,kemudian di beri penyuluan ,kemudian sambil ngobrol ringan ,,
Buat petani mungkin sesuatu yang berharga sampai segitu kamu jualan ke custumer ,tetapi dari sisi kamu adalah marketing yang sangat baik kan ,sambilpromosi , sambil melihat2 apakah ada petani dan lading lain di sekitarkanan dan kiri, di depan atau belakang lading custumer kamu , artinya kamu mengemas sesuatu dengan tujuan baik dengan promosi yg singkat dan tepat .Secara singkat marketing dan sales itu adalah bagaimana menjalankan semua dgn hati dan dengan tujuan baik , persaingan di lakukan karena bisnis ,tetapi tidak dengan hanya mencotoh tetapi ATM ( amati ,tiru ,modifikasi )
Cara memenangkan persaingan ya kuncinya inovasi .Tools nya adalah Radar inovasi . harus mempunyai keyakinan innovasi yang kamu buat ,walau awalnya pahit tapi klu udah yakin dan sudah kamu perhitungkan dengan matang ..tunggu aja .
Sale atau diskon memang terkadang di kaitkan dengan munculnya produk baru , tetapi klu di dalam dunia sales  n marketing ini kurang tepat kata pak Edmond karena kultur kebudayaan Indonesia adalah selalu membeli .Apabila ada yg murah atau diskon kemudian langsung membeli ,tanpa mengetahui aplikasi atau kegunaan dari barang tersebut ,akhirnya akan kecewa setelah  tidak dipakai ,klu menurut pak Edmond akan memilih strategi jemput bola yg artinya lebih kepada mendatangkan ke custumer dan melihat dari pada kebutuhan pasar atau kebutuhan custumer . Sale atau diskon lebih kepada untuk meningkatkan penjualan setelah kita mengetahui  apa yg di butuhkan oleh custumer ,
Dan dalam rangka sale atau diskon untuk produk yg satu yg sedang kita inginkan untk meningkatkan penjualanya , maka pasti ada produk2 yg di belakangnya yg sedang kita incar untk kita perkenalkan kpda custumer .contoh dalam toko baju “ new arrival “akan di sale  tentu tdk bukan ,dia berada di barisan ke dua atau ke tiga setelah produk sale .
Produk baru akan di kemas atau di marketingkan dgn seribu kelebihan dari produk lamanya .Artinya balik lagi bagaimana penyampaian pesan dan tujuan kamu di custumerkan .sale tidak rugi perusahaan tetap untung , tetapi bagaimana membuat sesuatu yg bisa menjadi luar biasa .Kesimpulanya adalah sale atau diskon adalah pancingan ,bukan poin nya sehingga kalau kamu memulai sesuatu lihatlah hal yg paling di sampekan , bagaimana menyampaikanya ,dan selalu melihat ini ada apa karena saat ini adalah situasi , strategi adalah cara ,hasil adalah masa depan . Jangan berhenti berivovasi dan selalu positif
Menurut saya sependapat dengan mb pipet :  apapun bidang nya marketing adalah ujung tombak perusahaan , untuk berhasil kita harus selalu turun ke lapangan untuk mengetahui competitor kita ,dan kita juga harus tahu kebutuhan custumer seperti apa sesuai dengan perkembangan model2 baru yg bermunculan ,juga tetap menjaga produk yg kitajual juga selalu menemukan ide2 baru untuk mengatasi pesaing kita . yg setiap saat bermunculan , juga memperluas jaringan informasi antara rekan bisnis kita ,
Kita juga mengandalkan kreatif dan innovasi untuk kita tawarkan ke custumer supaya pelanggan tepat sasaran ,innovasi adalah sesuatu yg kreatif yg di terima oleh pasar .

Trima kasih Bapak Pembimbing
Ø  BPK TEDYY SAPUTRA
Ø  BPK EDMOND MULYADI
Ø  BPK NUR AGUSTINUS

Terimakasih atas segala ilmunya  salam entrepreneur  “Zarkasi“


Tidak ada komentar:

Posting Komentar