Rabu, 17 April 2013

ketegangan dalam mengerjakan kuiz Pelajaran Entrepreneur Ritel batch3

 
  Seminggu sebelum pembelajaran di mulai, perasaanku tegang dan was-was, karna belum tau dunia on line dan gi mana nanti pembukaanya dan caranya gimana? pokoknya kehawatiran selalu menghantui dalam  pikiranku. Walaupun persiapan mental udah aku persiapkan, tetep aja dalam hati masih di liputi penuh tanda tanya.
  Tanggal 18 maret 2013 pendaftaran per batch 3 di tutup dan hari ini pula PER Bach3 resmi di buka, bertepatan aku di pindah kerja ke klang selangor, yang nota bene susah jaringan internet, terkecuali di warnet. Sedang jarak warnet dan tempat aku bekerja mencapai 1,7 km. Satu minggu kemudian aku kembali ke kuala lumpur bertepatan ada tugas pertama (25-03-13) padahal aku belum tau caranya masuk kelas.
 Dengan bimbingan bapak dosen/ibu dosen juga astor, saya mencoba masuk ke kelas dengan kode yang di berikan oleh bapak dosen, lalu aku buka pintu edmodo  trus aku masukkan kode tersebut, dan Alhamdulillah  aku berhasil masuk kelas tang halangan sedikitpun.
 Sebagai BMI ( buruh migran indonesia) adalah kesempatan emas untuk bisa menimba ilmu dan belajar bersamaUniversitas Ciputra Distance Education (UCDE) Dengan hati gembira dan masih di liputi was-was saya tetep bersemangat dan yakin pada diri saya , bahwa saya pasti bisa mengikuti pembelajaran sampai akhir.
 Walaupun bergelut dengan waktu dan pekerjaan sebagai BMI. Hanya di waktu malamlah saya bisa masuk kelas dan dan mengerjakan tugas-tugas, itupun harus melawan hawa ngantuk yang menyerang karna kecapean bekerja. Tapi demi Passion, akupun harus kuat bertahan untuk mempertanggung jawabkan komitmen saya sebagai peserta kuliah jarak jauh, apapun resikonya.

 Setelah membaca modul dan mengerjakan Quiz, ada beberapa kesimpulan dari minggu pertama ini, yaitu mengenai pengantar ritel.


Ø  Ritel menurut saya adalah aktivitas-aktivitas bisnis antara peritel dan konsumen yang berupa produk/jasa dalam memuaskan konsumen secara langsung maupun tidak langsung, untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.
Ø   
Ø  Dalam menjalankan aktivitas toko ritel perlu memberikan layanan tambahan diantaranya:
- Cicilan pembayaran
- Garansi produk
- Layanan yang memuaskan pada konsumen
- Loyalitas terhadap toko

Ø  7  komponen bauran ritel/ritail mix yang mendukung kesuksesan sebuah ritel menurut levy dan weitz dalam bukunya Retailing management yaitu:
1.      Manajemen lokasi
2.      Manajemen garga
3.      Manajemen stok barang
4.      Manajemen jasa
5.      Manajemen desain dan layout
6.      Manajemen suasana
7.      Manajemen komunikasi

Ø  Format Ritel ada dua yaitu
1.      Non store
Ø  Katalog
Ø  Penjualan elektronik
Ø  Penjualan melalui surat
Ø  Mesin penjual
Ø  Penjualan langsung
Ø  Penjualan on line/ melalui jejaring social (ecomemerce)
2.      Store di bagi dua:
a.       Ritel barang dagangan
- Specialty store
- Variety store
- Departemen store
- Off process store
              - Factory outlet
b.      Ritel berorientasi makanan
- Convience store
- Supermarket
- Grosir
- Hypermarket

Ø  Convience store adalah pasar swalayan mini yang berukuran kurang lebih 350 meter persegi, menjual hanya terbatas ndari berbagai produk kebutuhan sehari-hari, perputaran relative tinggi dan berjuan untuk para konsumen yang membutuhkan pembelian dengan cepat  tanpa harus mengeluarkan upaya yang besar dalam mencari produk-produk yang di inginkan.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar